PELATIHAN MENULIS PEMBAWA BERKAH

selasa 08 maret 2022

tulisan 24

penulis sahril al hamid



Sejak tahun 2022 awal tepatnya pada tanggal 15 januari saya bergabung dalam kegiatan pelatihan belajar menulis yang di bimbing oleh sang motivator hebat yaitu pak Wijaya Kusuma atau biasa kami memanggilnya dengan sapaan om jay. Pada awal pertemuan opening ceremony kami melakukannya dengan virtual zoom yang di hadiri oleh beberapa guru hebat se nusantara, dalam kesempatan ini saya sangat berantusias dalam mengikuti serangkaian kegiatan pembukkan tersebut.

Disisi lain pada pembukaan kegiatan ini diberitahukan tentang waktu pelaksanaannya pelatihan yang nanti akan dilaksanakan melalui via WA grup, semua peserta yang hadir menunjukkan wajah yang serius dalam mendengarkan, memperhatikan dan menyimak apa yang disampaikan oleh panitia pelatihan, alhamndullah di hari pertama saya beranikan diri untuk bertanya tentang bagaimana dan apa tujuan dari pelatihan yang di adakan ini.

Om jay selaku pembimbing kami dalam pelatihan menulis ini memberikan komentar yang sangat positif diantaranya adalah :

1. Dengan menulis jelas kita akan bisa mentransferkan ilmu yang kita miliki pada orang lain.

2. Dengan memulis kita akan dijadikan inspirasi bagi orang lain

3. Dengan menulis akan menambah penghasilan

4.engan menulis kita akan mendapatkan kenaikan pangkat bagi PNS atau yang berkepentingan di bidangnya.

Tentu dari jawaban itu membuat saya ingin sekali memulai dan membuat tulisan agar bisa mendapatkan apa yang disampaikan oleh om jay di atas. Tapi setelah berjalan satu hari saya merasakan bahwa saya harus mulai menulis dari mana dan bagaimana kata pembuka yang baik, enak dan nyaman agar bisa di sambung dengan kata yang lainnya.

Sehari saya bergelut dengan pertanyaan yang membuat saya tidak bisa berbuat apa-apa, saya hanya terfokus pada kata apa yang harus di dahulukan, tulisan bagaimana yang saya angkat dan sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk berhenti mencoba di hari pertama ini. Setelah keesokan harinya saya memberanikan diri untuk mencoba membuat tulisan kembali akan tetapi hasilnya tetap saja sama. Seketika dalam kondisi saya yang sedang bimbang, pikiran aneh datang menghampiri saya yang sedang berpapasan dengan leptop “ sahril kamu tidakkan bisa menjadi penulis kamu hanya di ciptakan oleh tuhan sebagai hamba yang tidak berguna dan tidak bermanfaat bagi orang lain”.

Dari sini kondisi saya semakin tidak karuan, tiba-tiba ada pesan masuk di Handphone dan saya langsung buka kunci Handphone dengan pola buka kunci berbentuk S setelahnya langsung lihat aplikasi WA dan melanjutkan membuka pesan masuk dari salah satu peserta lama dalam pelatihan “Ril besok malam jangan lupa ya hadir pada pertemuan perdana pelatihan menulis, ingat ada hadiahnya loh bagi yang tulisannya bagus” alhamndulilah mendengar informasi demikian saya sangat senang, semangatpun semakin mengebu-gebu bukan karena pelatihannya melainkan pada hadiah yang disampaikannya. Hehehe

Saya sangat menantikan hari pelatihan itu dengan tidak sabar, sangat lama rasanya waktu dua puluh enam jam itu saya tunggu bahkan saya bingung harus siapkan apa untuk mendapatkan hadiah besoknya, berbagai ide masuk dalam benakku tapi anehnya waktu itu saya tidak bisa merangkai ide itu dengan kalimat yang pas untuk memulai tulisan. Ketika mengingat itu kembali saya sangat sesalkan kenapa waktu itu tidak sempatkan merangkum ide-ide itu menjadi satu kalimat, satu paragraf atau bahkan satu buku.

Tapi ya sudahlah semua yang terjadi tidak bisa di ulang kembali, hal yang bisa dilakukan sekarang hanyalah membenahi hari-hari yang terlewatkan dengan terus belajar dan berbenah diri. Sejatinya tidak ada kata menyesal dalam diri manusia yang ada hanyalah kata proses memberbaiki diri untuk kehidupan yang lebih baik kedepan. Untuk itu tidak perlu sesalkan hal-hal yang kemarin dilakukan tapi fukuslah kedepan untuk membangun tembok kesuksesan dirimu dengan cara mempelajari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan di awal.

Seharian menunggu waktunya pelatihan akhirnya dimulai juga. Palatihan pertama hari senin 17 januari 2022 di isi langsung  oleh pembimbing kegiatan pelatihan belajar menulis yaitu om jay dengan tema “IDE MENULIS BAGI GURU” dan di temani oleh moderator hebat yang memiliki segudang prestasi yaitu bunda widya setyoningsih.. 


Sampai disini dulu untuk sementara insya Allah akan di lanjutkan nanti... 

 


Komentar

  1. Luar biasa. Ayo terus menulis karena menulis itu sebuah keterampilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah terimakasih atas spiritnya om jay. .

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih bunda atas desain flyer nya.. Hehe

      Hapus
  3. aku menulis maka aku ada, dan insya allah terus ada selama alam dunia ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah dalam beberapa hari selanjutnya fokus utama adalah menulis,

      Hapus
  4. Keren pak. Sudah bagus tulisannya... lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah Terima kasih banyak sudah banyak berikan masukkan cing ato

      Hapus
  5. Berderet komentar para guru
    Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya teh nanti aq komentar ya biar teh doakan aq biar jadi penulis hebat seperti para guru kita tersebut

      Hapus
  6. Wah bagus susunan kalimatnya 👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPKM VS PTM

Pengawas ujian UM tingkat MA

Surat cinta untuk Ibu