Wajibkah membaca itu

 18 Januari 2022

Tulisan ke 5

Sahril Basaid Al- Hamid



Dalam perjalanan pulang menuju kontrakan saya tidak sengaja melihat chat di grup WA yang isinya sudah sampai 1000 lebih chat yang masuk, mulai dari grup chat keluarga, kantor dan bahkan grup-grup organisasi dan pelatihan. Pada saat saya membuka satu persatu chat di grup tersebut saya terhenti pada satu grup yang sedang asyik diskusi tentang menulis, salah satu anggota grup melempar pertanyaan yang sangat bagus sehingga memunculkan banyak tafsiran dan banyak perdebatan. 

"Membaca itu wajib" Itulah topik pembahasan kali ini. Pernyataan pertama menyatakan bahwa membaca itu adalah memang wajib karna meningkatkan kualitas tulisan dan ada juga yang menyampaikan pendapat bahwa membaca itu tidak wajib karna dengan alasan tertentu. 

Sayapun tidak lupa memberikan komentar, Secara pribadi saya sepaham dengan pernyataan bahwa membaca itu adalah wajib. Jadi dalam kontek ini kita tidak boleh melihat hanya dari satu sisi ketika ada kata membaca kita boleh menarasikan bahwa kita akan membaca hanya buku saja akan tetapi lebih dari itu, membaca buku itu  memang menjadi faktor utama tapi masih ada faktor lain yang mununjang itu semua. Kalau saja kita bisa memahami dengan detail kata2 tersebut maka kita akan memiliki cara pandang yang lebih luas dan gagasan yang besar, saya pribadi menilai lemparan kata itu sengaja disampaikan oleh om jay agar kita bisa membaca terus bukan hanya membaca buku akan tetap membaca peluang, membaca minat dan bakat kita serta membaca kondisi apa yang harus dilakukan oleh kita kedepan, pernyataan wajib itu adalah menjadi kata kunci supaya kita bisa mengasah kemampuan kita. Saya teringat dengan pernyataan beliau waktu isi diskusi perdana itu, tulislah apa yang ingin kalian tulis walau tidak ada ide tulislah pengalaman kalian sendiri. Jadi saya kira ini adalah ilmu tambahan yang bagus untuk kita pelajari. 

Setiap saya diskusi sama siapun sering saya sampaikan kata-kata terakhir di akhir diskusi kami

"Yang membentuk karakter seseorang itu ada 3 hal diantaranya 1. Membaca 2. Diskusi dan 3 menulis" Dan alhamdulillah kali ini saya dapatkan ketiga konsep itu dari grup WA ini. 

Sedangkan yang membuat orang itu bisa menulis ada 4 hal diantaranya :

1. Membaca

2. Memulai

3. Merasakan n menghayati

4.berdiskusi


Alhamdulillah hasil diskusi kali ini saya simpulkan di sini dulu deh, terimakasih banyak guru-guru hebat






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPKM VS PTM

Pengawas ujian UM tingkat MA

Surat cinta untuk Ibu